Sabtu, 15 April 2017

I am A Planet

15/04/17
30 Hari menanti Baby K


Teng tong… hitungan mundur kita mulai dari sekarang. Yess akhirnya waktu yang dinanti telah tiba. Liburan panjang dalam rangka menunggu mahluk kecil titipan Tuhan bernama baby K baru saja dimulai. Ini adalah liburan paling membahagiakan dan mendebarkan selama hidup saya. Saat saya mengetik huruf pertama dalam catatan ini, ada tendangan mungil yang menyundul tepat di tulang rusuk kanan saya yang paling bawah--yang sungguh selalu saya tunggu dan akan selalu saya rindukan melibihi apapun—seolah berteriak, “Ibu sedang apa? aku sesak nih, tadi makannya banyak sekali yahh?!”. Ia nak, maap, ibu tadi pas bangun tidur lapar sekali, jadi makannya kalap. Hehe. 
Tidak pernah saya membayangkan, akan tiba suatu masa, tubuh saya menjadi sebuah planet, dimana ada kehidupan didalamnya, dan saya bertanggung jawab atas keberlangsungan hidup mahluk kecil mungil yang bersembunyi di pusat inti tubuh ini, serupa bumi yang memberi kehidupan kepada mahluk hidup didalamnya. Kata atau diksi apa yang bisa menjelaskan keajaiban ini? Tuhan Maha Besar, Allahu Akbar.
Mengandung adalah hal alamiah yang dialami oleh hampir seluruh wanita di bumi ini. Mungkin bagi sebagian orang ini biasa saja, tak usai lebay dan dramatis gitu. Monyetpun hamil dan santai saja kayak dipantai. It’s definitely true. Tetapi saya tak bisa menyembunyikan kekaguman dan rasa takjub saya terhadap fenomena ini, terlebih saat saya mengalaminya sendiri. Saya takjub terhadap detak jantung yang lambat laun semakin menguat di dalam perut saya, ada gerakan-gerakan halus sampai tendangan maut yang tiap saat bikin kaget tapi menyenangkan, ada cegukan dengan ritme yang konstan, ada mahluk hidup yang lahir dan tumbuh dalam uterus saya, ada kehidupan di dalam tubuh saya! Siapa yang menciptakan dan mengatur semua ini? dari sini, saya melihat begitu nyatanya kekuasaan Tuhan, lalu menariknya ke dalam skala yang lebih besar, bahwa kita manusia hanyalah butiran debu dalam sebuah sistem yang maha luas dan canggih ini.
Usia kandugan saya saat ini sudah memasuki minggu ke 35. Hari perkiraan lahir (HPL) saya, menurut dokter dan alat USG, adalah sekitar tanggal 16 Mei 2017. Sejauh ini, semuanya terindikasi normal, baik baby K dan saya, dan insya Allah akan lahir normal. Bismillaaaaaah. Amiiiin.
Beruntung saya adalah generesi milenial, cie milenial, yah antara millennium dan milenial gitu deh, dimana semuanya menjadi sangat mudah dengan adanya internet yang nempel kayak bau keringat dimanapun kita berada. informasi menjadi sangat mudah untuk diakses. Saya bahkan bisa tau usia kandungan saya-minggu plus hari- tanpa perlu berhitung dan menggunakan otak saya. Hanya dengan membuka smartphone dan membuka aplikasi pregnancy +, saya diberitahu bahwa usia kehamilan saya saat ini adalah 35 minggu 4 hari. Ada ratusan aplikasi serupa di play store android, tinggal pilih suka yang mana. Cara kerja dari aplikasi ini bisa dikata sangat akurat, cuma beda sehari dengan hasil USG saya tiap bulannya. Didalamnya juga banyak sekali informasi seputar kehamilan berdasarkan usia kandungan yang sudah kita set sedari awal. Aplikasi ini seperti dokter pribadi yang hampir selalu punya jawaban atas perkembangan janin dan kondisi tubuh saya selama kehamilan ini. 
Masa-masa menunggu kelahiran Baby K alias cuti bersalin ini saya anggap sebagai liburan. Liburan selalu menyenangkan. dan saya tidak akan melewatkannya dengan perasaan resah dan was-was. Saya dan baby K, memutuskan untuk berbulan madu selama sebulan ini, sebelum akhirnya dia lahir ke dunia dan melewati malam-malam yang tidak senyaman uterus ibunya. Salah satunya dengan membuat catatan atau tulisan, satu hari satu tulisan. Jika HPLnya betul, maka akan ada setidaknya 30 tulisan tentang Baby K dan seputar kehamilan saya. Ini semacam tantangan juga buat saya, pertama belajar menulis lagi, kedua mengekalkan pengalaman hamil yang luar biasa mengagumkan ini, dan jika boleh dan semoga tidak terlalu ambisius, mengajak Baby K mencintai menulis sedari bayi. 
Oh yah, saya sudah punya sekontainer rencana kegiatan selama liburan ini, tentunya yang berhubungan dengan persiapan melahirkan dan pasca melahirkan, seperti yoga, ngepel, kursus laktasi, membaca, menulis, memasak, relaksasi, sesekali belanja on line, jalan-jalan ke taman, menelpon orang tua, dan banyak lainnya. Di hari pertama ini, alih-alih melakukan satu saja dari rencana itu, setelah suami saya berangkat ke kampus, saya malah diserang ngantuk yang tak bisa dilawan dan tidur siang selama hampir 3 jam, lalu terbangun karena lapar. Oh rencana-rencana, masih ada 29 hari, lets be more consistent and persistent. Semangaat!!!
Ibunya Baby K, di sabtu sore yang hangat, ditemani suara gemuruh kipas angin dan tendangan  geliatan Baby K yang menggemaskan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar